Rahasia Jualan Laris di Maketplace Shopee

Rahasia Jualan Laris di Shopee Yang Bisa Kamu Tiru

Posted on

Rahasia Jualan Laris di Shopee – Kamu adalah seller shopee yang sudah lama membuat toko online di marketplace shopee.

Mungkin kamu masih belum mendapatkan hasil yang terbaik dari penjualan di shopee, mungkin hanya laku beberapa pcs produk perbulannya.

Apa Rahasia Jualan Laris di shopee ?

Bisa jadi kamu sering mengeluh atau menyalahkan pihak lain seperti algoritma shopee nya, apps shopee nya atau supplier nya, produk nya dan lain-lain, Karena produknya tidak terlalu laku di marketplace shopee.

Hal tersebut banyak dilakukan sama seller lainnya, untuk mendapatkan hasil yang berbeda kamu harus melakukan yang berbeda juga.

Rahasia Jualan Laris di Marketplace

Misalnya : Kamu berjualan produk baju gamis anak perempuan dari supplier yang ada di marketplace Bukalapak dan kamu jual di marketplace shopee dengan sistem drophip.

Maka di luar sana ada ratusan seller lainnya yang melakukan hal sama seperti yang kamu lakukan, dan menjadikan itu sebagai kompetitor kamu.

Dan kamu berharap mendapatkan banyak penjualan dengan trik seperti itu, padahal ada beberapa faktor yang sebelumnya harus kamu siapkan.

Menjual Produk Yang Sama Persis Dengan Kompetitor

Mungkin kamu mempunyai pola pikir tentang bisnis adalah dengan mencontek seller lain yang menjual produk yang sedang viral atau trending, dan kamu ikut-ikutan menjual produk yang sama.

Sebagian dari trik jualan seperti itu memang bisa di lakukan, tetapi banyak yang akhirnya adalah kegagalan.

Cara Jualan Laris di Shopee

Disebabkan kamu tidak memiliki channel buyer dan segmen market pada saat melakukan penjualan produk tersebut. Apa itu channel buyer dan segmen market nanti dibahas selanjutnya.

Pada saat kamu menjual produk yang sama persis dengan seller kompetitor dan kamu hanya ikut-ikutan saja tidak mengetahui segmen market dan channel buyer.

Download Aplikasi Shopix, Tools Yang Berfungsi Untuk Riset Kata Kunci di Shopee

Hal tersebut berakibat kompetitormu akan melesat penjualannya dan produknya laku keras, sedangkan produk yang sama persis yang kamu jual tidak mendapatkan penjualan sebanyak kompetitor.

Channel Buyer

Bisa jadi seller kompetitor kamu bukan seorang pemula yang baru belajar jualan online di shopee atau baru belajar tentang internet marketing.

Bisa saja kompetitor kamu adalah seseorang yang tokonya sudah masuk Star Seller di Shopee, atau seseorang yang paham dalam melakukan bisnis dan internet marketing.

Rahasia Jualan Laris di Shopee

Sedangkan kamu masih pemula yang baru belajar tentang berjualan online di marketplace, belum mempunyai pengalaman bisnis yang mumpuni.

Karena kompetitor kamu adalah orang yang sudah berpengalaman mungkin saja sudah memiliki jaringan seperti channel distribusi dan melakukan promo produk secara masif.

Bisa saja melakukan promo secara besar-besaran bukan di platform shopee tetapi dari platform lainnya seperti facebook ads, instagram ads, twitter ads, tiktok ads dan SEO.

Kursus Online “Kelas Shopee” Belajar Jualan di Shopee Secara Sistematis

Dengan pengalamannya berjualan mungkin saja sudah mempunyai list building buyer sebelumnya, dan data calon pelanggan lainya seperti follower instagram, fanspage facebook dan lain-lain.

Umpamanya kompetitor kamu hanya perlu membuat umpan saja ke ke list building data buyer, follower dan fansbase untuk menjual produk, hal itu dilakukan dengan biaya promosi yang relatif kecil.

Segmen Market

Mindset yang salah dari para penjual pemula yang tidak mempunyai wawasan dengan sudut pandang lain, contohnya tidak punya segmen market yang jelas, siapa yang akan kamu jualin.

Atau pun terlalu luas mengimajinasikan target market, dan dengan pola pikir menjual apapun akan laku keras, pada kenyataannya hal seperti itu tidak terjadi.

Jualan Laris di Shopee

Semakin luas kamu memetakan segmen market / target market kamu akan semakin bingung untuk melakukan penjualan.

Bila kamu tidak jelas dalam memilih segmen dan berharap jualan online kamu akan auto laku, maka akan semakin sulit kamu mendapatkan penjualan pertama di shopee.

Bila kamu bisa mendeskripsikan segmen market secara jelas dan kuat, kemungkinan besar kamu bisa menguasai pasar.

Baca Juga : Cara Berjualan di Shopee Agar Cepat Laku

Dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk memilih jenis produk yang akan kamu jual, dan bisa menyerap apa yang pelanggan inginkan.

Fokus dan Spesifik segmen market akan lebih mudah buat kamu untuk scalling bisnis. Dengan pondasi pelanggan yang sudah terbentuk kamu mendapatkan peluang lebih besar untuk terjadinya pembelian produk selanjutnya.

Mulailah dengan memfokuskan segmen market agar kamu bisa bersaing dengan kompetitor lainnya.

Reseller Atau Dropship Antar Marketplace

Kamu ingin mendapatkan keuntungan atau margin yang tinggi dan ingin menguasai market yang ada di marketplace shopee.

Tetapi dengan cara mencari supplier di marketplace lain dan produknya akan kamu jual di shopee atau mencari supplier dari shopee sendiri, itu adalah ide yang buruk.

Baca Juga : Cara Mencari Supplier Online Shop di Shopee

Hal tersebut mencerminkan kamu masih seorang seller pemula, males mencari mitra supplier di tempat lain selain marketplace.

Dan kamu masih berfikir akan mendapatkan margin yang besar hanya dengan menjadi reseller dan dropship dari antar marketplace, yang menjual produk yang sama persis dengan ratusan seller kompetitor lainnya.

Cara Memulai Bisnis Online

Kamu harus berfikir di luar yang orang lain pikirkan, out of the box, dengan mencari mitra supplier secara langsung (offline) kamu akan mendapatkan harga beli produk yang lebih menarik.

Baca Juga : Cara Jualan Online di Shope Tanpa Iklan Berbayar

Bila berdagang kamu bertarung dengan perang harga dan berhadapan langsung dengan ratusan seller kompetitor lainnya.

Bila Berbisnis kamu harus lebih fokus untuk menambahkan value dari produk yang kamu jual.

Kamu tinggal pilih mau di posisi yang mana, dan apa yang ingin kamu capai. Pilihan yang kamu buat akan menentukan margin dan kerja keras dari perlu kamu lakukan.

Baca Juga : Mengenal SEO Shopee dan Algoritma Shopee

Reseller/Dropship hanya dengan mengupload produk secara masal di marketplace dan berharap ada penjualan, dan wajar saja keuntungannya kecil.

Dan bila kamu bermitra dengan produsen untuk menjadi sebagai Supplier, tanpa ada lagi mitra agen atau reseller/dropshiper. Hal itu akan membuat kamu lebih berkerja keras untuk menghabiskan stok produk digudang.

Karena kamu tidak mempunyai Channel Buyer, yang dibagian atasi di jelaskan.

Cara Jualan di Shopee Tanpa Iklan Berbayar

Jangan putus asa, jangan patah semangat dan juga jangan mengeluh, karena saat ini kamu sebagai seller di shopee pemula.

Kamu hanya perlu memutuskan untuk berproses belajar dan menemukan strategi yang tepat untuk mengembangkan usaha dan merubah pola pikir temtang cara menjalakan sebuah bisnis, agar kemampuanmu menjadi lebih lagi.

Demikian tips Rahasia Jualan Laris di Shopee buat kamu seller pemula.

Catatan Penting :

Situs LapakAplikasi.com hanya sebatas Blog yang mereview produk-produk Internet Marketing, bukan pemilik atau vendor dari Produk yang di Review.

0 thoughts on “Rahasia Jualan Laris di Shopee Yang Bisa Kamu Tiru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *